dr. Samuel Pola Karta Sembiring Dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Menyelesaikan studi pendidikan dokter pada tahun 2015. Tertarik dengan ilmu kedokteran dan bidang IT. Pernah mengabdi di RSUD Arga Makmur Bengkulu Utara dan bekerja di RSU Martha Friska Medan. Saat ini penulis bertugas tetap di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung sebagai dokter umum.

Manfaat Bersepeda Yang Wajib Kamu Ketahui

1 min read

Saat ini bersepeda merupakan salah satu hobi yang diminati banyak orang. Mungkin karena selama masa pandemi ini, kampanye hidup sehat dengan banyak bergerak cukup efektif. Sehingga kebiasaan bersepeda yang dulunya sempat ditinggal, kini mulai aktif kembali.

Kini sepeda banyak sekali model dan jenisnya. Semakin banyak orang yang mulai tertarik memilih sepeda yang disukainya. Bukan hanya manfaatnya saja, tapi sepeda bisa juga menjadi lifestyle juga menjadi ajang “unjuk pamer”

Apakah anda termasuk salah satu pesepeda sekarang ini? Atau anda memang sudah hobi bersepeda sejak dulu? Nah, dalam artikel ini kita akan membahas apa saja yang menjadi manfaat bersepeda.

Manfaat yang paling nyata dirasakan adalah “FUN” atau suasana hati yang bahagia. Kok bisa? Ya, hal ini dikarenakan olahraga termasuk aktivitas bersepeda melepaskan neurotransmitter endorfin yang mana hormon ini berperan untuk mengurangi rasa sakit maupun stres.

Tapi, disamping itu, ada banyak manfaat bersepeda lainnya yang wajib kamu ketahui.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung, stroke DM type 2, hipertensi, sindrom metabolik, kanker kolon dan payudara.
    Upayakan untuk bersepeda minimal 30 menit setiap hari sebanyak 5 hari dalam seminggu. Dengan melakukan aktivitas ini secara rutin, risiko-risiko penyakit yang disebutkan tadi akan menurun.
  2. Mencegah kenaikan berat badan bahkan menurunkan berat badan bila dikombinasikan dengan diet tepat.
    Prinsipnya adalah defisit kalori. Jika kegiatan bersepeda ini mampu membakar kalori lebih banyak dibanding kalori yang dikonsumsi maka berat badan dapat turun.
  3. mengurangi depresi
    Seperti yang telah dijelaskan di atas, olahraga dapat membantu pelepasan endorfin sehingga stres dapat berkurang.
  4. Meningkatkan kesehatan jantung
    Olahraga kardio dapat memulihkan kesehatan jantung. Olahraga ini termasuk bersepeda. Contoh lainnya seperti lari/jogging dan berenang.
  5. Meningkatkan kesehatan tulang. Terutama pada anak-anak.
    Kesehatan tulang anak-anak amat penting saat masa pertumbuhan. Olahraga dapat membantu tulang lebih kuat dan sehat
  6. Meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua
    Aktivitas fisik yang dilakukan dapat mencegah masalah kognitif pada orang tua. Sebab masalah ini sering muncul seiring dengan penuaan.
  7. Menurunkan risiko kematian dini.
    Hal ini berkaitan dengan menurunnya risiko-risiko penyakit yang telah dijelaskan di atas. Orang yang sehat maka risiko kematiannya tentu lebih rendah.
  8. Meningkatkan kesehatan otot dan kardiorespirasi
    Meskipun bersepeda termasuk olahraga kardio namun olahraga ini juga dapat melatih otot-otot tubuh terutama otot kaki dan tangan.
  9. Meningkatkan kemampuan keseimbangan tubuh.
    Semakin sering bersepeda maka kemampuan keseimbangan tubuh semakin optimal pula. Kegiatan ini juga penting untuk melatih orang-orang agar tak mudah jatuh akibat ketidakmampuan mempertahankan keseimbangan.

Demikian manfaat-manfaat yang dapat kamu peroleh jika bersepeda. Jika selama ini kamu sudah rutin bersepeda, maka pertahankan! Bila belum, maka mari mulai bersepeda untuk hidup yang lebih sehat!

dr. Samuel Pola Karta Sembiring Dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Menyelesaikan studi pendidikan dokter pada tahun 2015. Tertarik dengan ilmu kedokteran dan bidang IT. Pernah mengabdi di RSUD Arga Makmur Bengkulu Utara dan bekerja di RSU Martha Friska Medan. Saat ini penulis bertugas tetap di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung sebagai dokter umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Spam Protection by WP-SpamFree

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.